WASPADAI PENYAKIT MATA

Posted on Posted in perawatan

gambar-mata-indah 0e9859a0a9ebf95ff0f12921b35951db

Banyak sekali faktor yng bisa menyebabkan anda kehilangan penglihatan, seperti usia, lingkungan, obat- obatan yang dikonsumsi atau penyakit yang anda derita. Kenali berbagai Penyakit mata agar anda bisa mendeteksi dan menanganinya sejak dini

KATARAK

Memasuki usia lanjut umumnya katarak mulai menyerang mata. Cirinya, penglihatan mejadi berkurang secara perlahan karena lensa mata berubah keruh sehingga cahaya sulit mencapai retina. Meski tak menular dari satu mata ke mata yang lain, katarak bisa terjadi pada kedua mata secara bersamaan.

  • Penyebab

Cacat bawaan sejak lahir karena sang ibu terinfeksi virus saat hamil muda, masalah kesehatan seperti diabetes, penggunaan obat tertentu, khususnya steroid, serta trauma akibat kecelakaan pada mata.

  • Gejala

Seperti ada kabut menghalangi ketika melihat obyek. Mata sensitif terhadap sinar atau cahaya, juga sulit dipakai membaca jika tak dibantu pencahayaan terang. Obyek yang dilihat sering tampak ganda atau berbayang, dan lensa mata menjadi seperti kaca susu.

  • Pengobatan

Hanya melalui pembedahan, jika katarak telah menyebabkan penglihatan hilang dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Operasi katarak tak butuh waktu lama, cukup dengan bius lokal atau tetes, tanpa rawat inap. Namun jika gejala katarak tak mengganggu, tindakan operasi tak diperlukan, kadang cukup dengan mengganti kacamata.

  • Pencegahan

Mengontrol penyakit yang berhubungan dengan katarak dan menghindari faktor- faktor yang mempercepat pembentukan katarak. Menggunakan kacamata hitam ketika berada berada di luar ruangan pada siang hari untuk mengurangi jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke mata. Berhenti merokok.

STROKE MATA

  • Penyebab

Penyumbatan bisa terjadi pada pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung ke mata (penyumbatan arteri retina) maupun pembuluh vena yang membawa darah dari mata ke jantung ( penyumbatna vena retina). ‘ ibarat pipa air yang tersumbat, air enggumpal, pipa menggembung hingga akhirnya pecah”.”ketika pembuluh darah pecah, darah tumpah pada retina sehingga mengakibatkan fungsi penglihatan menjadi gelap”.

  • Gejala

Pasien biasanya mengeluhkan pandangannya yang tiba- tiba gelap. Seperti halya yang menyerang pengidap diabetes, penurunann penglihatan juga terjadi secara perlahan dalam jangka waktu berbulan- bulan. Itulah yang kadang tidak disadari oleh penderita. Apalagi stroke mata tidak disertai dengan perubahan tampilan mata. Jika yang mengalami penyumbatan adalah pembuluh karotis- pembuluh penghubung antara jantung dan mata- biasanya disertai dengan mata merah dan nyeri. Dampaknya pun bisa sangata fatal.

  • Pengobatan

Stroke pada pembuluh vena retina dapat diobati dengan melakukan tindakan laser lokal atau injeksi. Sementara penyumbatan arteri retina, kebanyakan hampir tidak bisa diselamatkan karena sel- sel retina sangat sensitif jika terjadi kekurangan aliran darah. Biasanya penderita akan mengalami kebutaan permanen. Untuk itu, penanganan stroke mata harus dilakukan dalam jangka waktu 24 jam untuk mencegah akibat yang sangat fatal.

  • Pencegahan

Stroke mata bis amenjadi gejala awal stroke otak, maka pencegahannya pun terkait dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Biasakan mengatur pola makan dan istirahat dengan baik, rutin berolahraga dan menghindari kebiasaan merokok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *