semyum

PAMERKAN SENYUM ANDA

Posted on Posted in perawatan

SEULAS SENYUM YANG tulus dan penuh percaya diri, ditambah tampilan deretan gigi yang rapi, bersih dan putih pasti membuat anda terpikat saat melihatnya, bukan ?

Senyum menawan harus ditunjang dengan kesehatan gigi dan rongga mulut. Rutin ke dokter gigi secara berkala adalah salah satu caranya. Namun anda juga bisa menambah dengan melakukan hal- hal sederhana sejak dini yang ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Biasakan dari sekarang yuk…

SIKAT YANG BENAR

  • Menyikat gigi dengan tekanan ringan

Tekanan besar apalagi teknik yang salah akan merusak gigi dan gusi. Gusi menjadi mudah berdarah dan sensitif dari infeksi. Karena menjadi bermasalah, gusi pun tak akan sempurna dalam menyangga gigi, dan ini bisa berakibat gigi pun turut rusak.

  • Jangan salah arah

Arah sikat yang benar adalah secara vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Dengan begitu, sisa makanan di sela giggi dapat tersapu dan perbaatasan gusi-gigi tidak tergerus. Untuk gigi geraham, permukaan kunyah disikat dengan gerakan ke kanan-kiri seperti menyapu atau gerakan melingkar.

  • Sedang – sedang saja

Waktu menyikat gigi paling ideal adalah 2-3 menit. Kalau kurang dari itugigi anda mungkin kurang bersih, kalau lebih dari itu dapat mengikis enamel dan mengiritasi gusi.

WAKTU MENYIKAT YANG TEPAT

Pagi setelah sarapan, setelah makan, dan sebelum tidur malam. Saat tidur, mulut sebaiknya dalam keadaan bersih. Ssebab, ketika tidur metabolisme tubuh tidak jalan sehingga mulut tidak memproduksi saliva. Nah, kalau anda meninggalkan sisa makanan di dalam situ, bakteri dan kuman pun akan berpesta pora sesuka hati tanpa ada gangguan. Jika sisa makanan mengandung asam dan gula, keduanya berpotensi melemahkan enamel gigi dan risiko gigi berlubang pun meningkat.

MENGUNYAH PERMEN KARET

Mengunyah permen karet berguna untuk self cleanising pada gigi, dapat menyapu sisa makanan dan plak dari permukaan gigi. Berguna pula untuk merangsang produksi selica lebih banyak sehingga mulut tidak keringa dan bau mulut pun berkurang. Tapi jangan lupa gosok gigi setelahnya karena kandungan gula yang terkandung di dalam permen karet dapat merrusak gigi.

Yang juga tak kalah penting adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam seperti permen, coklat, atau soft drink. Bakteri sangat menyukai kaarbohidrat sederhana seperti gula. Bakteri akan membuat plak, dan plak tersebut akan mengubah gula menjadi asam. Asam adalah musuh utama enamel gigi karena dapar mengikis enamel gigi dan bisa menjadi berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *